CARA KERJA MAINAN REMOTE SECARA SEDERHANA

Saya awam soal elektronika, mencoba menggambarkan secara sederhana agar mudah untuk dipahami.
Baik yang frekuensi AM (27Mhz, 35Mhz, 40Mhz, 49Mhz, dll) maupun frekuensi 2,4Ghz pada dasarnya sama, yang membedakan adalah ukuran gelombang radionya.



 Untuk mempermudah, saya membagi 3 (tiga) blok :
  1. Radio, adalah rangkaian yang menangkap sinyal dari remote, biasanya ditandai adanya koker dengan lilitan atau jalur dari antena, sedangkan yang frekuensi 2,4Ghz ditandai sebuah modul (sebuah board kecil yang menempel pada mainboard) kecil... ini adalah bagian yang tersulit, sebaiknya tidak diotak atik,
  2. Prosesor, entah istilah saya benar atau tidak hanya untuk mempermudah penamaan saja, sebuah IC (integrated circuit) yang berfungsi mengelola perintah dari remote control (kanan/kiri-maju/mundur) untuk diteruskan ke driver,
  3. Driver, (saya sekedar menamakan saja) yang bekerja ibarat "rangkaian saklar" membuka/menutup arus dari baterai ke motor baik untuk maju-mundur maupun kanan-kiri... Untuk mempermudah "niteni" adalah berupa 4 transistor yang terangkai menjadi 2 pasang jika dilihat jalurnya menyerupai huruf H maka dari itu dinamakan H-Bridge. Jika diurutkan lagi jalurnya adalah yang terhubung kabel ke motor.
Begitu sebaliknya penjelasan tentang Transmitter,
Bekerja memberi perintah yang berupa switch atau tombol tekan/geser yang dikelola oleh sebuah IC kemudian diteruskan ke radio yang memancarkan sinyal untuk ditangkap receiver.

Untuk memperbaiki maju-mundur atau kanan-kiri bisa klik link ini Perbaikan Maju Mundur
Jika ada yang salah mohon maaf, saya berharap diberitahu untuk dikoreksi.

Tidak ada komentar: